Langsung ke konten utama

Cara Mempercepat Firefox (Menghemat Memory)

Berselancar di Internet memang menyenangkan, namun apa jadinya jika komputer yang kita gunakan itu lemot dan Browsernya pun juga berat. Pasti semakin pokroh jadinya kalau seperti itu. Di sini akan dibahas tentang cara mempercepat Firefox dengan cara menghemat memory di komputer.

Caranya adalah sebagai berikut :

Buka firefox, pada address bat ketikkan about:config

  1. Batasi kapasitas cache memori
    Setiap kali Anda membuka sebuah halaman web, Firefox otomatis akan menyimpannya dalam cache memori. Secara default Firefox menggunakannya sebesar jumlah maksimal RAM yang Anda miliki. Itulah mengapa semakin banyak Anda membuka web, memori komputer Anda semakin habis. Untuk membatasinya tambahkan opsi: browser.cache.memory.capacity.
    Caranya klik kanan, New > Integer. Ketik browser.cache.memory.capacity, enter, masukkan angka 2048. 2048 disini artinya gunakan cache memori maksimal hanya 2 Mega. Anda bisa coba - coba dengan angka yang lain, namun usahakan merupakan kelipatan dari 1024.

    2. Batasi kapasitas cache history
    Sama seperti cache memori, hanya bedanya peruntukan cache disini oleh Firefox lebih ditujukan untuk mempercepat loading halaman saat Anda menekan tombol back dan forward pada browser. Apabila Anda jarang memakai back dan forward, ada baiknya Anda set dengan nilai kecil guna menghemat memori. Pada filter ketikkan: browser.sessionhistory.max_total_viewers, ubah nilai -1 menjadi 3. Default -1 artinya gunakan semaksimal RAM yang ada. hmm.. nilai default dari Firefox benar-benar rakus bukan?

    3. Batasi kapasitas cache disk
    Secara default Mozilla menset ukuran cache disk sebesar 50 Mega. Tentunya ini pemborosan memori. Mensetnya menjadi 2 MB dapat memberikan performa yang positif khususnya bagi komputer dengan memori dibawah 128 MB dan harddisk model lama. Pada filter ketikkan: browser.cache.disk.capacity, ubah nilai 50000 menjadi 2000.

    4. Batasi extension/add-ons
    Semakin banyak add-ons yang Anda gunakan, semakin besar RAM yang dihabiskan. Disable add-ons yang kurang Anda gunakan. Untuk membandingkan performa memori yang digunakan saat menggunakan dan tanpa add-ons dapat dilakukan dengan mencoba menjalankan Firefox pada kondisi safe-mode. Caranya dengan perintah: $ firefox -safe-mode. Pada pilihan yang muncul pastikan Anda beri tanda pada opsi: Disable all add-ons

    5. Disable Flash
    Tahukah anda bahwa animasi flash yang di load saat Anda membuka web memakan resource RAM yang lumayan besar? Konsekuensinya adalah waktu loading menjadi lebih lambat dan berat. Bahkan pada plugin flash sebelum versi 9, resource RAM yang dipakai merupakan akumulasi dari jumlah flash yang dibuka sebelumnya. Gerah? Ada baiknya anda disable flash. Silahkan download dan install flashblock add-ons disini untuk firefox versi 2 dan 3, atau disini untuk firefox versi 1.

    6. Disable download history
    Sebaiknya anda nonaktifkan fitur history ini. Karena semakin banyak download history yang disimpan, maka akan menurunkan performa Firefox. Apalagi bila media penyimpannya pada media removeable seperti disket. Caranya mudah, pilih menu Tools > Options > Privacy. lalu hilangkan pilihan pada "Remember what I've downloaded"

    7. Load yang perlu saja
    Secara default Firefox tanpa kita sadari merusaha melakukan pre-download pada link halaman web yang mungkin akan kita klik. Hal ini meniru taktik Google yang mencache terlebih dahulu result pertama dari link pencarian yang dia temukan. Tentu cara ini hanya pemboroskan bandwdith, dan performa CPU. Untuk menonaktifkan fitur ini ketik pada filter: network.prefetch-next, klik dua kali, agar nilainya menjadi false.

    8. Download dan segera tampilkan.
    Tips ini mungkin berguna buat yang tidak sabaran. Umumnya firefox akan menunggu beberapa saat setelah download untuk mulai menampilkan halaman yang dituju. Untuk memaksa Firefox agar segera menampilkan halaman web yang didownloadnya Anda bisa menset nilai: nglayout.initialpaint.delay menjadi 0. Apabila belum ada silahkan klik kanan, new > integer > nglayout.initialpaint.delay

    Tips untuk menghemat memori lainnya adalah dengan mengaktifkan fitur config.trim_on_minimize. Hanya saja fitur ini hanya efektif pada lingkungan Windows. Caranya klik kanan, new > boolean, ketikkan config.trim_on_minimize. Set nilainya True. Dengan cara ini setiap kali Firefox di minimize, otomatis memori yang di pakai akan dilepas / dibebaskan, sehingga dapat dipakai untuk proses aplikasi lainnya.

    Setelah selesai jangan lupa Restart Firefox.

    Sumber : KASKUS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Football Saga 2 untuk Garuda Bersatu

"Kami tidak menyalahkan siapa pun, kami cinta Timnas Indonesia. Kami ingin ada solusi, sayangnya kami tidak punya otoritas dan yang kami miliki hanya kreativitas. Game Football Saga 2 adalah salah satu karya kami untuk sepakbola Indonesia" kata Dave Fabrian dari Agategames Studio Football Saga keluar pertama pada Maret 2011. 110 ribuan pemain dengan puncak 55 ribu pemain yang aktif perbulannya. Di sini pemain akan menjadi pemain sepak bola yang berawal dari amatir hingga menjadi pemain bola layaknya profesional yang bisa bergabung dengan banyak klub. Klub-klub yang ada mewakili tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia. Tak terkecuali Kabupaten Lamongan yang Indentik dengan tim kebanggaan masyarakat lamongan, Persela Lamongan Laskar Jaka Tingkir. Di Football Saga 2 ada juga Lamongan Nautical yang artinya dalam bahasa indonesia adalah Tim Bahari Lamongan atau mungkin karena lamongan punya keindahan alam pesisir laut yang berada di tanjung kodok juga biasa disebut Wisata Bahar

Hikmah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Tepat tanggal 28 Oktober 2009 kemarin adalah Hari Sumpah Pemuda, dimana pada 28 Oktober 1928 para pemuda-pemudi Indonesia telah melakukan sumpahnya. Ada Beberapa hikmah yang bisa kita ambil dari peringatan sumpah pemuda : 1. Semakin cinta kepada bangsa dan negara Indonesia 2. Menambah komitmen kepada bangsa dan negara Indonesia 3. Memajukan tekad demi bangsa dan negara Indonesia Semangatlah Para Muda-Mudi Indonesia. Agar bisa lebih semangat mari baca Isi Sumpah Pemuda dan Pahamilah Maknanya. POETOESAN CONGRES PEMOEDA-PEMOEDA INDONESIA. Kerapatan Pemoeda-Pemoeda Indonesia jang diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan, dengan namanja: Jong Java, Jong Sumatranen Bond (Pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen Pasoendan, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia; membuka rapat pada tanggal 27 dan 28 October tahoen 1928 dinegeri Djakarta; sesoedahnja mendengar p

Pro Evolution Soccer 2013 Demo Download

Tanggal 25 Juli 2012 waktu maghrib untuk Lamongan dan sekitarnya, KONAMI telah merilis Link Download PES 2013 bertepatan dengan waktu berbuka puasa loh. Keren Gan! ;D Fitur Demo Pro Evolution Soccer 2013 5 menit pertandingan 4 tim Euro 2013: Italy, Jerman, Portugal, Inggris dan 4 tim Copa Libertadores: Flamengo, Fluminense, Internacional, Santos 2 stadion: Royal London Stadium dan Vila Belmiro Download Demo PES 2013 From KONAMI Server Download Demo PES 2013 From Other Server Download PES 2013 Mediafire Link: http://www.mediafire.com/?rx7ad3g5u8itft9 http://www.mediafire.com/?gl73c7cl25lxlie http://www.mediafire.com/?d8ldqm21x1m1ld3 http://www.mediafire.com/?hku99akch1k6h11 http://www.mediafire.com/?7ypn97y512h2odu Jangan ditinggal juga Unlocker Demo PES 2013 biar lebih asyik!!! Demo Unlocker 1.1 by cabry  Mediafire Link